Menu Close

Cara Efektif Mencegah Dan Membasmi Rayap

Basmi rayap – Agar rumah kita selalu nyaman dan sehat, jelas kita perlu merawat dan membersihkannya secara rutin. Pengobatan rumahan bisa berbeda-beda tergantung bahannya. Rumah dengan banyak kayu di luar atau di dalam jelas membutuhkan perawatan yang lebih.

Jika kurang hati-hati dengan perawatannya, Wah, masalah rayap pasti bikin pusing. Tapi jangan khawatir, kami akan memberikan beberapa tips di bawah ini untuk mencegah dan membasmi rayap secara efektif; Dari perawatan rutin hingga cara membasmi rayap hingga tuntas dan tidak pernah kembali! Kami menjamin rumah Anda lebih terawat dan terlindungi dari rayap.

  1. Lindungi rumah kayu dari rayap

Jika rumah Anda terbuat dari banyak material kayu, bahan bangunan ini sangat mudah diserang rayap. Untuk itu anda bisa menyemprotkan atau mengolesi bagian yang sering dimakan rayap dengan minyak tanah, kemudian rayap akan mati perlahan dan bagian serangan rayap tersebut akan hilang. Sebagai alternatif, Anda bisa menyemprotkan pengusir rayap secara teratur ke seluruh rumah Anda. Anda bisa menyemprot pada rangka, lantai kayu, rangka, langit-langit dan dinding. Pastikan Anda tidak melewatkan setiap sudut atau lubang.

  1. Kebanyakan rayap menyukai mereka di tempat yang lembab.

Habitat rayap yang disukai untuk bersarang adalah daerah yang gelap dan lembab. Jadi, agar furnitur Anda tidak keropos dan tidak dimakan rayap, Anda bisa mengekspos furnitur Anda ke sinar matahari, karena rayap tidak menyukai tempat yang panas. Jemur furnitur secara rutin agar rayap segera menghilang dari area tersebut. Selain itu, untuk menghindari rumah yang lembap, sebaiknya memiliki lebih banyak jendela dan ventilasi di dalam rumah, agar sinar matahari dan udara segar dapat bersirkulasi dengan baik.

  1. Mengatur buku dan kertas

Jika Anda suka membaca dan memiliki banyak koleksi buku di rumah, sebaiknya Anda membersihkannya secara rutin. Rayap dan serangga sangat menyukai kertas karena kertas terbuat dari serat kayu. Maka Anda perlu menata dan membersihkan rak, buku, dan kertas pada wallpaper Anda jika ingin menghindari sarang rayap.

Ya, jika Anda sedang merenovasi rumah atau membangun rumah, ada baiknya berkonsultasi dengan arsitek atau desainer interior untuk mendapatkan saran terbaik dalam memilih bahan yang tepat untuk mencegah serangan rayap dan serangga, dari saat pembangunan.

  1. Periksa rumah setiap 3 sampai 6 bulan dengan layanan pengendalian hama

Untuk mencegah dan membasmi rayap di rumah atau furnitur Anda, Anda juga bisa menyewa jasa pengendalian hama rayap. Biasanya jika rumah diserang rayap, pengusirnya akan menawarkan cara semprot dan suntik atau menggunakan cara umpan yang ramah lingkungan. Anda dapat memeriksa rumah Anda setidaknya setiap 3 hingga 6 bulan untuk memastikannya bebas dari rayap.

  1. Cara sederhana membasmi rayap

Beberapa dari “dosis” ini sebenarnya efektif untuk membasmi rayap. Ingin tahu? Anda bisa menggunakan air pencuci beras yang mengusir rayap dari sarangnya. Caranya cukup dengan menuangkan air cucian di sekitar rayap. Jadi Anda juga bisa menggunakan air pemutih dalam botol semprotan atau minyak jeruk. Karenanya, garam juga efektif membasmi rayap dengan menaburkan garam meja di sekitar sarang rayap.

Jika masih tidak berhasil, coba tanah diatom. Mereka mudah tersebar di sekitar rumah, terutama di area rumah yang memiliki material kayu seperti kusen jendela atau lantai. Rayap cenderung menghindari tanah diatom karena mengeringkan rayap sehingga enggan masuk ke dalam rumah.

Sederhana bukan? Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *