Menu Close

Perubahan gaya hidup yang membantu mengatasi jerawat

Jerawat adalah kondisi kulit alami yang mempengaruhi banyak orang. Jerawat adalah peradangan kulit di mana kelenjar sebaceous menjadi terinfeksi bakteri, membengkak, dan tersumbat oleh nanah. Jerawat biasanya terjadi pada wajah, leher, punggung, dan bahu. Meskipun bukan kondisi kritis, jerawat dapat membuat seseorang merasa tertekan karena penampilan mereka. Tidak mengherankan, ada banyak obat dan krim wajah untuk menghilangkan jerawat dengan cepat.

Bahkan, tidak perlu khawatir tentang pengeluaran yang cukup untuk mengobati jerawat. Ada banyak cara alami yang dapat membantu Anda mengatasi jerawat yang membandel.

1. Tidur yang cukup

Stres adalah penyumbang utama jerawat. Anda tidak hanya dapat tidur lebih sedikit dan mengurangi stamina Anda, stres juga menyebabkan peningkatan produksi hormon kortison, yang menyebabkan sejumlah masalah kulit, termasuk jerawat.

Tetap terjaga terlambat menyebabkan peningkatan sitokin inflamasi. Peningkatan zat asing dalam tubuh meningkatkan kecenderungan untuk menghasilkan peradangan. Jerawat adalah bentuk peradangan yang disebabkan oleh peningkatan jumlah sitokin dalam tubuh. Ditambah lagi, kurang tidur meningkatkan resistensi insulin. Tubuh akan terfosforilasi untuk menghasilkan lebih banyak insulin yang menyebabkan peradangan dan meningkatkan produksi sebum (minyak), sehingga kemungkinan pembentukan jerawat.

Tidur membantu membersihkan racun dari tubuh dan wajah. Untuk membantu Anda cukup tidur di malam hari, atur kamar tidur Anda sebanyak mungkin. Hilangkan semua gangguan (ponsel, televisi dan laptop), matikan lampu kamar dan atur suhu AC (18-22 ° C). Suhu rendah akan membantu Anda tertidur lebih cepat dan lebih lama.

2. Perbaiki pola makan Anda

Hindari makanan dan camilan yang dapat meningkatkan gula darah dan meningkatkan produksi insulin dalam tubuh.

Insulin yang berlebihan di dalam tubuh menyebabkan perubahan metabolisme tubuh, memperlambat penyembuhan jerawat yang ada. Insulin juga merangsang kelebihan produksi sebum sebagai penyebab jerawat.

Jerawat yang membandel secara bertahap menghilang ketika makanan berubah menjadi makanan yang sehat. Ganti nasi putih, pasta, roti putih, dan gula dengan produk gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dan buah segar.

3. Cuci muka Anda sebelum berolahraga dan kemudian sesudahnya

Mungkin agak sulit untuk melihat hubungan antara menghilangkan jerawat dengan olahraga. Sederhananya, olahraga teratur akan mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati sebagai penyebab jerawat yang membandel. Aktivitas fisik yang berat dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh dan memfasilitasi distribusi oksigen yang merata ke sel-sel kulit wajah. Selain itu, olahraga akan menghasilkan keringat dari kelenjar keropos untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menyumbat pori-pori.

Tetapi banyak orang tahu bahwa mencuci muka sebelum berolahraga sama pentingnya dengan mencuci muka setelah berolahraga. Mengapa? Saat berkeringat saat berolahraga, pori-pori terbuka dan membuatnya lebih mudah untuk menjebak bakteri, makeup, debu dan kotoran lainnya pada kulit dan menyebabkan jerawat di masa depan. Jadi sebelum Anda berkeringat, pastikan pori-pori Anda bersih.

4. Minumlah banyak air

Air dapat membantu detoksifikasi dan menjaga kulit terhidrasi dari dalam ke luar. Meskipun tidak ada penelitian yang cukup untuk menunjukkan bahwa racun dalam tubuh berperan dalam meradang jerawat, para peneliti menyimpulkan bahwa mengonsumsi air yang cukup untuk setidaknya dua gelas sehari akan membantu mempercepat prosesnya. sirkulasi darah, yang bisa menjadi penyebab jerawat membandel. .

5. Gunakan tabir surya

Sinar ultraviolet dapat meningkatkan peradangan, kemerahan, dan munculnya bintik-bintik hitam pada wajah. Bersantai di luar ruangan tanpa tabir surya juga meningkatkan risiko kanker kulit. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi selama setidaknya 20 menit setiap kali sebelum meninggalkan rumah.

6. Konsumsi omega 3

Asam lemak omega-3 telah terbukti mengendalikan produksi Leukotriene B4, bahan kimia dalam tubuh yang dapat meningkatkan produksi sebum dan menyebabkan jerawat meradang.