Menu Close

Tips agar sehat di usia tua

Semakin tua seseorang, semakin besar risiko terkena penyakit tersebut. Bahkan, beberapa penyakit serius sering mendekati orang tua. Tetapi kabar baiknya adalah Anda dapat mencegah penyakit serius ini dengan mempertahankan gaya hidup sehat di usia tua. Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap sehat di usia tua.

  1. Lakukan pemeriksaan medis rutin

Pemeriksaan medis rutin, misalnya setahun sekali, akan memberikan informasi tentang kesehatan Anda. Melalui hasil tes medis, seseorang dapat mengharapkan kondisi tubuh membaik.

  1. Makan diet seimbang

Indonesia mengenal manajemen Balump Nutrition Tumpeng. Berbeda dengan pedoman “4 Sehat 5 Sempurna” yang kami ketahui sebelumnya, Tumpeng Balanced Nutrition menyediakan panduan untuk hidup sehat secara keseluruhan, termasuk aktivitas fisik dan kebersihan fisik.

  1. Hindari makanan tinggi kolesterol

Kolesterol terdiri dari tiga jenis, yaitu kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL), trigliserida, kolesterol jahat, atau low density lipoproteins (LDL). Dikatakan bahwa seseorang memiliki kadar kolesterol baik jika mereka memiliki kadar HDL di atas 60 mg / dL, trigliserida di bawah 150 mg / dL, dan LDL di bawah 100 mg / dL. Seiring bertambahnya usia, Anda harus menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar HDL atau trigliserida yang dapat menyebabkan penyakit serius.

  1. Lakukan latihan yang Anda suka

Masuk ke dalam penuaan bukanlah halangan untuk melanjutkan dan melakukan aktivitas fisik. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan, misalnya, adalah olahraga teratur, berjalan, dan aktivitas fisik seperti berkebun atau menyedot debu dll. Ketika Anda berolahraga, cobalah untuk berolahraga secara teratur selama setidaknya 30 hingga 60 menit sehari, setidaknya tiga hari seminggu. Pilih olahraga yang Anda sukai untuk bersenang-senang.

  1. Jaga kebersihan tubuh Anda

Menjaga kebersihan pribadi juga penting untuk semua orang, termasuk orang tua. Pastikan mandi dua kali sehari, jaga mulut dan gigi tetap bersih dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, jaga kebersihan telinga, dan cuci tangan sebelum makan atau setelah memegang barang kotor.

  1. Istirahat yang cukup

Ingatlah untuk cukup istirahat dan tidur untuk mendapatkan kembali kondisi fisik dan mental Anda setelah seharian beraktivitas. Kurang tidur dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Selain itu, kurang tidur membuat pikiran baru dan sulit untuk memfokuskan pikirannya. Untuk orang dewasa dan orang tua, tidur akan cukup jika mencapai 7 hingga 9 jam per hari.

Yang tak kalah penting adalah persiapan finansial untuk penuaan

Selain menjaga kesehatan, penting juga untuk mempersiapkan senja yang sejahtera. Untuk mencapai ini, idealnya pada usia produksi, Anda dapat menyiapkan barang-barang berikut:

  1. Dana pensiun

Dana pensiun idealnya dinaikkan saat pertama kali Anda bekerja. Untuk mempersiapkan ini, alokasikan 20% -30% dari penghasilan Anda untuk membangun dana pensiun. Anda dapat menyesuaikan jumlah dana ini dengan jumlah dana pensiun yang ingin Anda akses. Misalnya, Anda saat ini berusia 30 tahun dan Anda akan pensiun pada usia 55 tahun. Jadi, Anda memiliki 25 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun.

Diperkirakan, biaya pensiun Anda akan mencapai Rs. 8 juta rupee per bulan. Dengan asumsi Indonesia memiliki harapan hidup sekitar 70 tahun, Anda memiliki masa pensiun 15 tahun. Ini berarti bahwa dana pensiun yang Anda butuhkan adalah 1,4 miliar rupee. Untuk mencapai jumlah ini, dari usia 30, perlu mengalokasikan Rs. 3,5 juta per bulan dan memasukkannya dalam produk investasi yang mampu memberikan pengembalian minimal 10% per tahun.

  1. Penghasilan negatif

Penuaan juga melibatkan kondisi fisik yang tidak lagi penting. Untuk alasan ini, kebanyakan orang tua mengisi masa pensiun mereka menikmati kehidupan dengan menyediakan dana pensiun saat ini dan tidak lagi aktif.

Namun, jika Anda masih ingin menjadi produk di usia tua, Anda dapat mulai merencanakan pemasukan negatif yang tidak mengkonsumsi banyak energi fisik. Misalnya, berinvestasi di perusahaan agar bisa mendapat keuntungan dari dividen. Atau Anda juga dapat berinvestasi dalam properti pendapatan sewa, seperti sewa, rumah tinggal, sewa tanah, dll.

Semua orang pasti akan masuk usia senja ,agar jiwa dan raga anda kuat maka jaga pola hidup sehat anda mulai sekarang.